in , ,

Cryptocurrency Wallet: Penyimpanan Uang Digital – Part 1

Cryptocurrency wallet adalah sebuah kelengkapan yang sebaiknya tidak terlewatkan bagi para trader yang ingin menggunakan mata uang kripto. Program dan perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk menyimpan, mengirim, dan menerima mata uang digital. Cryptocurrency wallet ini menjadi penting karena mata uang digital tidak memiliki wujud fisik. Anda akan memilikinya dan transaksi ini terekam atau tersimpan di dalam blockchain sebagai bank data dalam semesta perdagangan digital.

Cryptocurrency wallet pada dasarnya memiliki dua jenis kunci. Pertama, kunci publik (public key) berupa rangkaian panjang angka dan huruf pembentuk alamat dompet virtual, mirip seperti nomor rekening bank.

Kedua, kunci rahasia (private key) berupa kode akses khusus ke dompet Anda. Kunci ini serupa dengan angka PIN yang harus dijaga kerahasiaannya. Namun, kunci rahasia ini tidak memberikan kuasa penuh Anda terhadap jumlah mata uang digital yang tersimpan.

Ada berbagai jenis cryptocurrency wallet, di antaranya jenis desktop, online, mobile, hardware, dan paper. Masing-masing memiliki tingkat keamanan berbeda, tergantung dari jenis dompet dan penyedia jasanya.

Baca Juga  Trading berdasarkan Sentimen Twitter – Penawaran Baru eToro untuk Cryptocurrency Trading

Dompet daring yang berbasis pada web server memiliki tingkat risiko keamanan lebih tinggi ketimbang dompet luring, terlebih pada ancaman peretasan. Dengan beberapa cara berikut, Anda dapat lebih mengamankan dompet daring.

  1. Batasi jumlah cryptocurrency yang Anda simpan secara daring sesuai kebutuhan. Gunakan penyimpanan luring sebagai opsi pencadangan, seperti Ledger Nano, paper wallet, dan USB.
  2. Rutin memperbarui perangkat lunak untuk mendapatkan pengamanan terkini.
  3. Pilih dompet yang memberlakukan sistem keamanan berlapis, seperti two-factor authentication, PIN ekstra, bahkan multisignature.

Data Anda sebagai pemilik cryptocurrency wallet tidak akan terpampang begitu saja atau sifatnya pseudonym. Seluruh transaksi akan terekam secara publik di dalam blockchain.

Jangan khawatir pula soal biaya transaksi, karena masih tergolong sangat terjangkau. Walaupun secara umum, semakin rendah biaya transaksi, maka Anda pun akan mendapatkan prioritas lebih rendah.

Pemilihan cryptocurrency wallet yang sesuai dengan kebutuhan, memerlukan pemahaman terhadap karakteristik masing-masing jenis dompet. Hal ini akan dibahas di bagian artikel selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Cryptocurrency Trading bagi Pemula – Part 2

ketentuan - ketentuan kartu kredit

Ketentuan Kartu Kredit yang Wajib Anda Pahami (Part 2)