in

3 Istilah dalam Trading Emas yang Wajib Anda Ketahui

gold grade
(C) shutterstock

 

Sebagai seorang trader emas online, adalah sebuah kewajiban bagi anda untuk memahami berbagai istilah trading dalam keseharian trading emas. Ada banyak sekali istilah yang digunakan di pasar emas online, namun untuk mempermudah anda mempelajarinya, Pikirantrader akan membatasi artikel ini dalam 6 istilah saja yang wajib anda ketahui. Berikut lengkapnya:

 

1. Bullion

“Bullion” adalah istilah umum untuk menyebut emas atau perak murni (dengan kemurnian minimal 99.5%) yang telah berwujud batangan ataupun koin untuk dijadikan aset investasi.

Menurut Merriam-Webster, kata “Bullion” berasal dari bahasa Inggris abad pertengahan yang berasal dari bahasa Anglo-French “rumah pelelehan bullion”, yang mungkin merupakan turunan bahasa Perancis kuno “boillon” yang berarti “cairan mendidih” atau “kaldu”.

2. Comex

Comex (Commodity Exchange) adalah salah satu divisi bursa komoditas New York (New York Mercantile Exchange/NYMEX) yang menjadi bursa perdagangan komoditas futures paling terkemuka di dunia untuk komoditas metal seperti emas, perak, tembaga, dan alumunium. Selain COMEX, bursa tempat perdagangan komoditas futures emas internasional lain adalah di Tokyo Commodity Exchange (TOCOM) dan London Metal Exchange (LME).

Baca Juga  Spesifikasi Komputer untuk Bertrading Forex di Rumah

3. Grade (Peringkat Emas)

“Grade” atau “peringkat” dalam perdagangan logam berharga merujuk pada kemurnian atau kualitas barang yang dipesan dalam kontrak berjangka (futures). Definisi “grade” bervariasi di tiap bursa dan tiap kontrak. Setiap bursa emas di Dunia menyediakan ragam produk berbeda, dan tergantung pada kualitasnya maka harga akan tak sama.

Grade juga sangat penting dalam perdagangan komoditas agrikultur seperti beras, gandum, kedelai, dan lain-lain. Istilah ini juga umum digunakan untuk barang yang diperdagangkan di pasar komoditas internasional. Kontrak futures untuk pemesanan komoditas tertentu akan menyebutkan secara jelas grade atau peringkat dari komoditas yang dipesan dan harus diantarkan saat kontrak jatuh tempo.

Itulah 3 istilah dalam trading emas yang wajib anda ketahui. Baca artikel Cara Investasi Emas yang Sesuai Bujet agar trading emas anda berjalan dengan baik

harga emas

Harga Emas Comex dan Antam Hari ini : 14 Januari 2020

harga kurs rupiah

Update Harga Kurs Rupiah dan Kurs Dollar: 14 Januari 2020