in

Berkenalan dengan Perusahaan Sekuritas

Apa itu Perusahaan Sekuritas?

Perusahaan Sekuritas

Dalam dunia investasi Anda akan sering mendengar istilah ‘broker’. Mengutip dari Wikipedia, broker atau dalam bahasa Indonesia disebut pialang merupakan individu atau perusahaan yang bertindak sebagai perantara jual dan beli dalam pasar modal. Di Indonesia sendiri, broker atau pialang tersebut bernaung pada sebuah perusahaan sekuritas.

Apa itu perusahaan sekuritas?

Sekuritas sendiri memiliki arti surat hutang yang memiliki likuiditas tinggi atau dapat dengan mudah diuangkan kembali atau masuk kedalam kas. Perusahaan sekuritas merupakan sebuah perusahaan yang menjadi anggota bursa yang bergerak pada bidang transaksi sekuritas atau jual beli efek. Sederhananya, perusahaan ini bertindak sebagai perantara antara investor dengan pasar modal yang telah memiliki lisensi khusus untuk melakukan jual beli efek.

Terdapat dua jenis perusahaan sekuritas di Indonesia, konvensional dan syariah. Keduanya sama-sama bertugas sebagai pialang atau perantara perdagangan efek.

Pada sebuah perusahaan sekuritas, dikenal adanya seorang broker atau pialang. Dalam tugasnya, broker tidak melakukan pembelian atau penjualan secara langsung. Broker hanya memberikan rekomendasi kepada investor mana saham yang menarik dan kapan waktu yang tepat untuk melakukan transaksi jual beli.

Baca Juga  Pedoman 3 S yang Harus Diketahui Trader Forex

Rekomendasi tersebut bukanlah berdasarkan opini pribadi seorang pialang, namun disampaikan berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan oleh analis perusahaan sekuritas.

Lalu, apa peranan perusahaan sekuritas untuk para investor?

Tugas utama sebuah perusahaan sekuritas yaitu menjadi perantara antara investor dan pasar modal dalam bertransaksi baik di dalam pasar saham, sukuk, obligasi, reksadana dan lainnya. Dalam pasar saham sendiri, perusahaan ini tentunya menjadi perantara antara investor atau pembeli saham dengan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Selain itu, perusahaan efek memiliki peranan untuk mendukung eksistensi pasar modal dalam kaitannya memperlancar perputaran dana dan informasi. Dan yang menjadi peranan utama sebuah perusahaan efek adalah untuk meningkatkan kegiatan investasi pasar modal untuk menunjang perekonomian nasional.

Baca juga Trader, Perhatikan 5 Poin ini untuk Mendapatkan Broker yang Aman

Fungsi utama perusahaan sekuritas

  1. Sebagai Penjamin Emisi Efek. Dalam tugasnya sebagai penjamin emisi, aktivitas dalam perusahaan adalah melakukan penawaran umum atas efek atau sekuritas sebuah emiten. Dengan atau tanpa kewajiban membeli jika terdapat efek yang tidak terjual. Perusahaan efek atau sekuritas ini juga dapat melakukan tugas sebagai underwriter bagi perusahaan yang akan melakukan IPO (Initial Public Offering).
  1. Perantara Perdagangan Efek. Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa fungsi utama perusahaan ini menjadi perantara antara investor dan pasar modal dalam bertransaksi jual beli saham. Perusahaan dapa memperdagangkan efek untuk kepentingan sendiri ataupun nasabah dan pihak lain.
  1. Manajer Investasi. Perusahaan efek bertugas untuk menjadi manajer investasi dengan mengelola portofolio efek untuk nasabah baik perorangan maupun kolektif. Namun perusahaan ini tidak mengelola portofolio efek perusahaan asuransi, dana pensiun ataupun bank yang melakukan sendiri kegiatan usahanya berdasarkan peraturan yang berlaku.
Baca Juga  Panduan Mudah Investasi Reksadana untuk Pemula

Baca juga 10 Broker Yang Menyediakan Copy Trading

Ditulis Oleh SAL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *