in

Jurus CUAN, Jurus Investasi Saham ala Desmond Wira

TIps aman investasi di PAMM Forex

Desmond Wira dalam bukunya, Jurus CUAN Investasi Saham Edisi Kedua, menuturkan bahwa bermain saham memerlukan sebuah strategi. Strategi tersebut jika diterapkan, anda bisa terhindar dari membeli saham yang bisa membuat Anda merugi. Karena strategi ini disusun berdasarkan berbagai macam analisis.

Investor sekaligus trader ini merumuskan sebuah jurus yang diberi nama jurus CUAN yang harus Anda perhatikan dalam menyusun strategi bermain saham. Berikut ini adalah penjelasannya:

1.  C = Control

Hal pertama yang harus Anda lakukan pada saat bermain saham adalah mengontrol diri. Maksud dari poin ini adalah Anda harus mengenali karakter diri Anda terlebih dahulu agar Anda bisa menemukan strategi yang pas untuk diri Anda sendiri. Karena tidak semua strategi yang ada cocok untuk diri Anda.

2. U = Unbiased

Berinvestasi saham ini tidak hanya urusan tentang banyaknya uang yang Anda miliki dan Anda investasikan, ataupun sebagaimana pintar Anda dalam menganalisis saham.

Berinvestasi saham sangat erat kaitannya dengan emosi. Oleh karena itu, Anda harus pintar dan bijaksana dalam mengelola emosi Anda. Seimbangkan antara keberanian dan ketakutan, kesabaran dan keserakahan, dan lain-lain.

Baca Juga  6 Strategi Cara Price Action yang Berhasil

Poin Unbiased ini juga memiliki arti bahwa Anda harus bersikap netral. Jangan jatuh cinta pada saham tertentu, karena belum tentu saham yang Anda cintai memiliki harga yang terus meroket.

Buka mata dan hati Anda dengan tenang dan lihatlah potensi-potensi yang ada di saham lain. Selain itu Anda juga harus menjaga mood Anda, supaya tetap bijaksana dalam berinvestasi. Jangan sampai Anda terlalu menggebu-gebu hingga menyebabkan over trading. Kecanduan trading bisa jadi hal yang berbahaya, Anda bisa jadi tidak mendapatkan keuntungan apapun atau malah rugi karena selisih biaya administrasi.

3. A = Analyze

Poin ketiga, Anda harus rutin melakukan review terhadap strategi yang Anda lakukan. Pastikan Anda selalu menambah ilmu dan pengetahuan dalam dunia saham. Pelajari juga ilmu-ilmu ekonomi yang bisa menunjang analisis Anda.

Terdapat dua metode analisis saham yang dapat Anda lakukan, yaitu analisis fundamental dan analisis teknikal.

Analisis fundamental dilakukan dengan analisis top-down, yang artinya dimulai dari kondisi ekonomi negara secara makro sampai kondisi perusahaan secara mikro. Sementara analisis teknikal adalah teknik yang digunakan untuk memprediksi harga berdasar data harga di masa lalu.

Baca Juga  5 Cara Mengatasi Metatrader yang tidak Terhubung

4. N = Nimble

Arti dari nimble sendiri itu adalah gesit. Untung atau rugi dalam berinvestasi saham ini sangat ditentukan oleh waktu atau timing.

Waktu yang tepat untuk melakukan strategi yang tepat akan mendatangkan keuntungan.

Tetapi jika Anda memiliki strategi yang tepat tetapi dilakukan di waktu yang salah, Anda bisa-bisa mendapatkan kerugian, bukannya keuntungan.

Jadi, Anda harus mengetahui kapan Anda akan menjual saham Anda, kapan Anda akan membeli saham Anda, kapan waktu yang tepat untuk menghindar dari pasar saham.

Dengan menerapkan jurus CUAN yang sudah dibahas sebelumnya, Anda akan mendapatkan sebuah pelajaran baru dalam berinvestasi. Anda memiliki hak penuh dalam berinvestasi. Anda lah pemimpin yang bisa mengendalikan keuangan Anda sendiri. Maka, manfaatkanlah dan pelajarilah investasi yang cocok untuk Anda agar dapat mencapai kebebasan keuangan yang Anda inginkan!

Tinggalkan Balasan

pekerjaan kuliner

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Anda Penghobi Kuliner

peluang usaha bisnis

Yuk Simak Peluang Usaha Yang Menjanjikan Cuan di Masa Depan!